Kamis, 18 Agustus 2016


Ass.wr.wb...
Hai sahabat CopasNyentrik! Pada artikel sebelumnya kita telah ulas seputar maag kronis. Nah untuk kali ini CopasNyentrik bakalan merangkum tips-tips oke mengobati maag kita saat kambuh. Cekidot guys...!

Sakit maag atau gastritis merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan. Bagian yang terganggu adalah lambung. Maag terjadi karena peningkatan asam lambung. Hal ini bisa terjadi karena sobat terlambat makan atau bisa juga karena bakteri. Rasa sakit pada maag biasanya terdapat diarea lambung yaitu perut kanan atas. Rasanya agak mulas, perih dan sakit sekali.

Cara Mengatasi Maag Kambuh


Ada 2 cara mengatasi sakit maag, yaitu dengan menggunakan obat dan tanpa menggunakan obat.

1. Dengan Menggunakan Obat
Beberapa obat yang bisa di pakai untuk mengatasi sakit maag antara lain:
  • Simetidin
  • Antasida
  • Ranitidine (Recomended/ Author CopasNyentrik juga pake hehe..)
  • Proton pump inhibitor
  • Ctorotective agent

2. Dengan Cara Alami
Kalau sobat tidak suka minum obat dan memilih untuk mengatasi maag dengan cara alami antara lain:

Menggunakan Kunyit
Siapkan kunyit sekitar 2 jari tangan, lalu cuci sampai bersih kemudian parut. Tambahkan air matang secukupnya, saring air kunyit tadi diamkan selama satu malam. Ambil air yang bening untuk di minum. Air kunyit tadi juga bisa langsung diminum. Minum 2 kali per hari setiap pagi sebelum sarapan dan malam hari menjelang tidur.

Dengan Makan Teratur
Terapkan pola makan yang teratur, hal ini akan mencegah lambung kosong. Pola makan teratur akan membuat lambung terbiasa dengan jam kerja yang tepat saat lambung harus bekerja keras dan saat lambung harus bekerja lambat. Hindari juga terlambat makan karena lambung akan kosong. Mencegah lebih baik daripada mengobati ^_^.

Pilihlah Makanan Yang Baik
Hindari makanan yang terlalu pedas, terlalu panas dan makanan yang bersantan serta asam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kenaikan asam lambung.

Jauhi Alkohol dan Rokok
Jauhi mengkonsumsi alkohol, minuman bersoda dan juga rokok. Karena akan menyebabkan iritasi pada dinding lambung.

Hindari Makanan yang Sulit di Cerna
Saat maag kambuh, hindari memakan makanan yang terlalu sulit di cerna hal ini akan mengakibatkan lambung yang terluka bekerja semakin keras sehingga lambung akan semakin bertambah parah. Hindaari makan agar-agar karena mengandung serat yang tinggi, keju dan ssate kambing.

Nah itulah tips-tips oke buat mengobati maag yang kambuh. Ingat selalu ya sahabat CopasNyentrik, "Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Karena sehat itu mahal" ;) 
Okay sekian dari CopasNyentrik mengulas tips mengobati penyakit maag yang kambuh. Semoga bermanfaat untuk para sahabat CopasNyentrik. Jangan lupa share ke teman-teman yang lain ya ^_^.
Wass.wr.wb...

Sumber: rubrikita.com

Tidak ada komentar: